Apa itu Pialang Asuransi?
Usaha Pialang Asuransi adalah sebuah usaha yang bergerak dalam bidang jasa konsultasi dalam penutupan asuransi atau asuransi syariah sekaligus juga memberikan penanganan penyelesaian klaim dengan bertindak atas nama pemegang polis sebagaimana yang tertera dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian.
 
Darimana Munculnya Pialang Asuransi?
Masyarakat/tertanggung pada umumnya sangat awam dengan kondisi dan persyaratan polis asuransi. Permasalahan akan muncul ketika klaim asuransi terjadi dimana Tertanggung tidak memahami apa yang menjadi Hak dan Kewajibannya, inilah yang dijadikan Dasar bagi Pemerintah untuk membentuk Pialang dibidang perasuransian sebagai Pelaku Industri Usaha melalui UU Asuransi No. 2 Tahun 1992, tentang perasuransian dan diganti dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang, untuk Melindungi Kepentingan Masyarakat Yang Memerlukan Perlindungan Asuransi Baik Sektor Industri/Korporasi.
 
Mengapa Pialang?
Adanya perbedaan yang jauh tentang pengetahuan dan pemahaman asuransi baik dari sudut pandang isi polis maupun dari aspek hukum antar tertanggung (Masyarakat) dengan penanggung/perusahaan asuransi, maka diperlukan kehadiran pialang asuransi.
 
Apakah Pialang merupakan Agen Asuransi ?
Jawabanya TIDAK, Agen Asuransi bertindak untuk dan atas nama perusahaan asuransi sebagai pemasar produk-produk asuransi yang diageninya dan hanya terikat pada satu perusahaan asuransi sedangkan Pialang Asuransi bertindak atas nama dan untuk kepentingan tertanggung dalam membantu memilih perusahaan asuransi sampai proses Klaim dan Pialang tidak terikat atau berada dibawah kendali suatu perusahaan asuransi.  
 
Apakah Ada Biaya Tambahan Jika menggunakan Pialang?
Dengan menggunakan Pialang Asuransi bukan berarti Biaya Premi menjadi lebih mahal karena di dalam Komponen Premi terdapat Biaya Akuisisi yang wajib dikeluarkan oleh Perusahaan Asuransi dan yang termasuk biaya akuisisi antara lain Fee Broker, biaya operasional dan lain-lain. 
Sehingga tertanggung tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakan Pialang.
 
Kenapa harus PT. Binasentra Purna?
Sesuai aturan dari Regulator bahwa Perusahaan Pialang Asuransi wajib memiliki SDM yang kompeten dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan agar tertanggung mendapatkan pelayanan terbaik dari Perusahaan Pialang Asuransi.
Dengan melakukan penutupan asuransi melalui PT. Binasentra Purna maka akan mendapatkan manfaat sebagai berikut :
  1. Sebagai Konsultan maka PT. Binasentra Purna akan melakukan evaluasi terhadap Penutupan Asuransi yang sudah dilakukan dan memonitor program asuransi secara berkala.
  2. Membantu proses klaim kepada Perusahaan Asuransi apabila terjadi musibah dengan memberi petunjuk tentang cara, prosedur, melakukan identifikasi dokumen kelengkapan klaim, mempelajari laporan kerugian yang dibuat oleh Perusahaan Penilai Kerugian Asuransi (Loss Adjuster), perhitungan klaim, dan memonitor pembayaran klaim dari Perusahaan Asuransi.
  3. Bilamana terjadi permasalahan dalam penyelesaian klaim dengan Perusahaan Asuransi, kami juga dapat mewakili atau bertindak atas nama tertanggung dalam melakukan langkah-langkah hukum / tindakan hukum (law enforcement).
  4. Sebagai Konsultan dan Pialang Asuransi maka PT. Binasentra Purna tidak mengenakan biaya (cost and fee) kepada tertanggung.
  5. PT. Binasentra Purna memiliki perwakilan di kantor Unit Pelaksana Administrasi Broker (UPB) yang tersebar di kota-kota besar seluruh Indonesia untuk membantu proses penutupan asuransi dan pelayanan klaim.

Komentar